Bahaya, Mabuk Cinta Bisa Memicumu Pada Kesyirikan dan Kekufuran


Mabuk cinta adalah melampaui batas dalam bercinta dari keadaan yang wajar sehingga merusak hati dan tubuh. Para ulama berkata betapa banyak orang yang mabuk cinta, telah berkorban harta, berkorban kehormatan  bahkan berkorban jiwa untuk orang yang dicintainya. Namun ia hanya menyia-nyiakan kemaslahatan agam dan dunianya.

Ibnu Qayyim  r.a menuliskan dalam kitabnya  Al-Jawabul Kaafi :

“Terkadang orang-orang yang dimabuk cinta menjadi kufur sebagaimana orang-orang yang mencintai selain Allah sama dengan mencintai Allah, maka bagaimana lagi jika dia lebih mencintai selain Allah  di dalam hati daripada mencintai Allah? . Ini adalah mabuk cinta yang peakunya tidak akan diampuni  karena termasuk kesyirikan yang paling besar. Dan Allah tidak akan mengampuni jika ia disekutukan  dan tanda-tanda mabuk cinta yang berbuah kesyirikan dan kekufuran adalah mendahulukan keridhaaan orang yang dicintai daripada keridhaan Allah, berusaha dengan segala upaya untuk menyenangkan  orang yang dicintai, orang yang diidolakan, mentaatinya, mendekatkan diri kepadanya, dan hanya memberikan sisa-sisa waktu untuk Allah, itupun jika ia masih mentaati Allah." (Al-Jawabul Kaafi. 490-491)

Jika cinta membuat seseorang meninggalkan  apa yang sudah diperintahkan oleh Allah, jika cinta menjadikan seseorang mengerjakan apa yang dilarang oleh Allah maka cinta tersebut adalah cinta yang diharamkan. Bahkan cinta bias menjerumuskan seseorang ke dalam kekufuran dan kesyirikan.

Ibnu Qayyim pernah berkata :

“Cinta terhadap gambar atau patung dan mabuk cinta terhadapnya akan berbuah kesyirikan.” (Ighosatul Lahafan hal.513)

Termasuk ungkapan mabuk cinta yang mengandung kesyirikan dan kekufuran adalah ungkapan cinta di hari valentine, seperti ungkapan seseorang “be my valentine” (jadilah valentinku).

Secara bahasa Ken Sweiger dalam artikelnya mengatakan bahwa kata valentine berasal dari bahasa latin yang berarti maha kuasa, maha kuat, maha perkasa. Maka jika kita meminta orang menjadi valentine maka itu termasuk ungkapan-ungkapan yang mengandung unsur-unsur kesyirikan.

Sangat disayangkan banyak di antara orang-orang yang beriman tanpa sadar mengucapkannya. SemogaAllah melindungi kita dari ungkapan-ungkapan cinta yang diharamkan oleh Allah.

0 Response to "Bahaya, Mabuk Cinta Bisa Memicumu Pada Kesyirikan dan Kekufuran"

Post a Comment