Beberapa Keutamaan 10 Hari di Bulan Dzulhijjah. Yuk Amalkan.


Ketika memasuki bulan dzulhijjah tentunya terbenak di pikiran kita adalah hari raya Idul Adha atau hari raya Qurban dan ada juga bulan di mana kita menunaikan haji. Namun apakah kita sempat berpikir tentang 10 hari pertama di bulan dzulhijjah itu sangat banyak keutamaannya di sisi Allah apabila kita melakukan amalan-amalan shaleh. Dari sahabat Ibnu Abbas Rasulullah pernah bersabda :

"Tidak ada hari di mana amal sholeh saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini yaitu 10 hari di bulan Dzulhijjah, para sahabat kemudian bertanya wahai Rasulullah tidak juga jihad fisabilillah? Beliau menjawab tidak juga jihad fisabilillah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan jiwa dan raganya dengan hartanya lalu dia tidak kembali tidak dengan hartanya tidak pula dengan nyawanya." (HR. Bukhari)

Dalam riwayat lain dari sahabat Ibnu Umar Rasulullah juga bersabda :

"Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai oleh Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada 10 hari Dzulhijjah ini maka perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid pada saat itu." (HR. Ahmad)

Tahlil mengucapkan Lailahaillallah
Takbir mengucapkan Allahu Akbar
Tahmid mengucapkan Alhamdulillah

Mengucapkan ketiga itu pada 10 pertama bulan Dzulhijjah adalah sunnah yang majurah menurut penjelasan para ulama yaitu sunnah yang sudah banyak ditinggalkan kaum muslimin. Maka sudah selayaknya bagi mereka yang mencintai Rasulullah untuk mengamalkan sunnah yang majurah ini.

Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Beberapa Keutamaan 10 Hari di Bulan Dzulhijjah. Yuk Amalkan."

Post a Comment