Bagaimanakah Hukumnya Bermain Game di Toilet. Mari Kita Bahas


Toilet adalah tempat yang menjadi sarang setan. Rasulullah pernah bersabda yang artinya :

"Sesungguhnya toilet ini dihadiri oleh setan." (HR. Ahmad, Abu Daud)

Setan menyukai toilet karena di sini tempatnya najis, jauh dari dzikrullah, dan tempat manusia membuka aurat. Karena ini tempat favorit bagi setan tidak selayaknya manusia menirunya. Suka berdiam lama di toilet, apalagi untuk tempat istirahat.

Manusia yang hobi berdiam diri di kamar mandi atau toilet berarti fitrahnya perlu diluruskan. Karena itulah kepentingan kita di toilet sangat dibatasi.

Toilet atau kamar mandi hanya untuk buang hajat atau mandi atau keperluan lainnya. Sehingga ketika hajat selesai segera keluar. Untuk itulah bagian dari adan ketika berada di toilet adalah fokus dengan menyelesaikan hajat dan tidak menyibukkan diri denga  aktivitas yang lain.

Para ulama juga melarang makan atau minum ketika di toilet. Imam Ibnu Utsaimin pernah ditanya tentang makan dan minum di kamar mandi.

Jawaban beliau : Kamar mandi adalah tempat buang hajat saja. Sehingga tidak selayaknya berdiam lama di kamar mandi kecuali sebatas menyelesaikan hajatnya. Sementara makan dan minum di kamar mandi menyebabkan seseorang terlalu lama berdiam diri di kamar mandi yang tidak selayaknya dilakukan. (Majmu' Al Fatawa, 11/110)

Semakna dengannya adalah bermain game di toilet. Ini bisa memicu orang untuk semakin betah di toilet.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Bagaimanakah Hukumnya Bermain Game di Toilet. Mari Kita Bahas"

Post a Comment