Amalan Sunnah yang Baik Dilakukan Pada Hari Jum'at



Dalam sebuah riwayat, Rasulullah pernah bersabda :

"Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya adalah hari jum'at. Pada hari itu nabi Adam diciptakan, dimasukkan ke dalam surga, dikeluarkan darinya, kiamat tidak akan terjadi kecuali hari jumat." (HR. Muslim)



Namun dibalik itu semua berikut ada beberapa Sunnah yang bisa kita kerjakan di hari Jumat

1. Memperbanyak Bacaan Shalawat.

"Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Juam'at maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya karena shalawat akan disampaikan kepadaku." (HR. Abu Daud, Ibn Majah, An-Nasai).

2. Membaca Surat Al Kahfi.

"Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari jumat maka Allah akan meneranginya di antara dua hari juam'at." (HR. Hakim)

3. Memperbanyak Doa.

"Di hari jum'at itu terdapat satu waktu yang jika seorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu (berdoa) kepada Allah permintaannya akan dikabulkan." (HR. Bukhari-Muslim)

4. Memperbanyak Zikir

"Wahai orang-orang yang beriman jika kalian diseur untuk shalat di hari jum'at maka bersegeralah mengingat Allah." (QS Al Jumu'ah : 9)

5. Membaca surat As-Sajadah dan surat Al-Insan

Pada saat shalat subuh Imam disunnahkan membaca surat As-Sajadah pada rakaat pertama dan surat Al-Insan pada rakaat kedua.

"Pada hari jum'at dalam shalat subuh beliau membaca Aliif Laam Miim Tanziil (As-Sajadah) dan Hal Ata 'Alal Insan (Al-Insan)." (HR. Ibn Majah)

Adapun Sunnah-Sunnah pada hari Jum'at yang terkait dengan shalat Jum'at :

1. Mandi hari jum'at.

"Barang siapa yang menghadiri shalat jum'at baik laki-laki maupun perempuan maka hendaklah dia mandi." (HR. Al Baihaqi)

2. Bersiwak (sikat gigi) dan memakai Wangi-wangian.

"Barang siapa yang mandi pada hari jum'at, memakai siwak, memakai pakaian yang terbaik, memakai wangi-wangian jika dia memilikinya...." (HR. Ahmad)

3. Memotong kuku dan mencukur kumis.

"Rasulullah memotong kuku dan mencukur kumisnya pada hari jum'at sebelum beliau pergi shalat." (HR. Baihaqi dan Tabraini)

4. Memakai pakaian terbaik.

"Barang siapa yang mandi pada hari jum'at, memakai siwak, memakai pakaian yang terbaik, memakai wangi-wangian jika dia memilikinya...." (HR. Ahmad)

5. Bersegeralah pergi ke Mesjid dan menempati saf terdepan.

"Kami berpagi-pagi menuju shalat jum'at dan tidur siang setelah shalat jum'at." (HR. Bukhari)

6. Memperbanyak shalat Sunnah sebelum khatib naik mimbar

"Barang siapa yang mandi kemudian dating untuk shalat jum'at lalu ia shalat semampunya dan dia diam mendengarkan khotbah sampai selesai, kemudian shalat jum'at bersama imam maka akan diampuni dosanya mulai jum'at ini sampai jum'at berikutnya ditambah tiga hari." (HR. Muslim)

7. Shalat Sunnah setelah shalat jumat.

Yuk kita amalkan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Amalan Sunnah yang Baik Dilakukan Pada Hari Jum'at"

Post a Comment