Beberapa Catatan Penting tentang Puasa Senin Kamis

Assalamualaikum wr wb

Puasa hari senin dan kamis adalah puasa Sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah seperti halnya puasa Sunnah lainnya. Namun ada beberapa catatan penting tentang puasa senin kamis ini. Berikut ulasannya :

1. Keutamaan puasa senin kamis
Usamah bin Zaid beliau menceritakan bahwa Rasulullah terbiasa puasa senin dan kamis. Ketika beliau ditanya alasannya, beliau bersabda :

"Sesungguhnya amal para hamba dilaporkan kepada Allah setiap senin dan kamis." (HR. Abu Daud)

2. Apakah niat puasa Senin dan Kamis harus dimulai sejak sebelum subuh?
Mayoritas ulama Hanafiyah, Syafi'iyah, dan Hambali berpendapat bahwa tidak disyaratkan, niat puasa harus dihadirkan sebelum subuh.

3. Bolehkah puasa Senin saja atau puasa Kamis saja?
Para ulama menegaskan bahwa puasa di dua hari ini bukan satu kesatuan. Artinya orang boleh berpuasa senin saja atau kamis saja. Karena tidak ada perintah dari Rasulullah bahwa dua hari itu harus dipasangkan. Demikian pula tidak ada larangan dari beliau untuk berpuasa Senin saja atau Kamis saja.

4. Bolehkah niat puasa senin kamis digabungkan dengan puasa Sunnah lainnya?
Menggabungkan beberapa niat ibadah dalam satu amal dikenal para ulama dengan istilah Tasyrikunniyah. Hukumnya jika kedua amal itu bisa digabungkan maka dia boleh digabungkan dan dia bisa mendapatkan dua ibadah. Sebagai contoh orang yang mandi junub di hari jum'at untuk hari jum'at dan sekaligus untuk menghilangkan hadats besarnya. Maka status hadats besarnya hilang dan dia juga mendapatkan pahala mandi Jum'at.

5. Pahala tetap mengalir sekalipun tidak puasa
Ketika anda memiliki kebiasaan amalan Sunnah tertentu baik bentuknya shalat, puasa, atau amal Sunnah lainnya dan anda tidak dapat melakukannya karena udzur sakit atau safar. Maka anda tetap akan mendapatkan pahala dari rutinitas Sunnah yang anda kerjakan. Untuk itu carilah amalan Sunnah yang ringan, yang memungkinkan untuk anda lakukan secara konsisten sampai akhir hayat. Selama fisik masih mampu menaggungnya karena amal yang konsisten meskipun sedikit lebih dicintai Allah daripada banyak namun hanya dilakukan sekali dua kali.

Semoga Bermanfaat. Jangan lupa di share ya.

0 Response to "Beberapa Catatan Penting tentang Puasa Senin Kamis"

Post a Comment