Amalan dan Sebab-Sebab Terhapusnya Dosa

Assalamualaikum wr wb

Kita sebagai manusia masih jauh dari kata sempurna. Bahkan tanpa kita sadari dalam keseharian kita tanpa disengaja kita selalu melakukan dosa. Dari dosa kecil hingga dosa yang besar. Tetapi dibalik semua itu ada beberapa amalan yang dapat menghapus dosa. Berikut ini ada beberapa amalan pelebur dosa :

1. Taubat.
Hal ini disepakati oleh kaum muslimin. Allh berfirman yang artinya :

"Katakanlah hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri janganlah kamu berputus asa atas rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Az Zumar :23)

2. Istighfar (Memohon Ampunan Allah).
Sebagaimana terdapat dalam hadits sahih, Rasulullah bersabda yang artinya :

"Seandainya kamu sekalian tidak berbuat dosa sama sekali, niscaya Allah akan memusnahkan kalian. Setelah itu Allah akan mengganti kalian dengan umat yang pernah berdosa. Kemudian mereka akan meminta ampunan kepada Allah dan Allah pun pasti akan mengampuni mereka." (HR. Muslim)

3. Melakukan amalan kebaikan sebagai pelebur dosa.
Allah berfirman yang artinya :

"Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada sebahagian permulaan malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk." (QS. Huud : 114)

4. Saling mendoakan sesame orang beriman.
Seperti berdoa ketika melakukan sholat jenazah. Dari 'Aisyah dan Anas bin Malik bahwa Rasulullah bersabda yang artinya :

"Tidaklah seorang mayat disholati oleh sekelompok kaum muslimin yang jumlahnya hingga seratus orang, melainkan mereka semua akan memberikan syafa'at pada mayat tersebut." (HR. Muslim dan An Nasai)

5. Amalan kebaikan yang ditujukan untuk mayit.
Contohnya adalah sedekah. Amalan sedekah ini bermanfaat bagi mayat berdasarkan dalil yang sahih, Rasulullah bersabda yang artinya :

"Barang siapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang puasa, maka ahli warisnya yang nanti berpuasa untuknya." (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Syafa'at Rasulullah dan lainnya kepada para pelaku dosa besar di hari kiamat.
Rasulullah bersabda yang artinya :

"Syafa'atku diperuntukkan untuk kalian pelaku dosa besar dari kalangan umatku." (HR. Abu Daud, Tarmidzi, dan Ahmad)

7. Musibah di dunia yang menjadi sebab terhapusnya dosa.
Rasulullah bersabda yang artinya :

"Tidaklah menimpa seorang mukmin berupa rasa sakit (yang terus-menerus), rasa lelah, kekhawatiran (pada pikiran), sedih (karena sesuatu yang hilang). kesusahan hati atau sesuatu yang menyakiti sampai pun duri yang menusuknya melainkan akan dihapuskan dosa-dosanya." (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Ujian di alam kubur.
Siksaan di dalam kubur termasuk yang menjadi sebab terhapusnya dosa-dosa seorang hamba.

9. Kengerian dan kesulitan pada hari kiamat.

10. Rahmat dan ampunan dari Allah tanpa sebab yang dilakukan oleh hamba

Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya.

0 Response to "Amalan dan Sebab-Sebab Terhapusnya Dosa"

Post a Comment