Catatan Penting Antara Sutrah dan Setan, Bagi yang Suka Melewati Orang Shalat


Assalamualikum wr wb

Salah satu di antara hal yang banyak kita jumpai di masyarakat ada beberapa orang yang suka melewati di depan orang yang shalat. Padahal Rasulullah memberikan ancaman yang sangat keras bagi orang yang lewat di depan orang yang shalat. Rasulullah bahkan pernah mengingatkan dalam hadits riwayat Bukhari Muslim :

"Andaikan orang yang mau lewat di depan orang yang shalat itu tahu bagaimana hukuman yang akan Allah berikan kepadanya maka dia akan lebih memilih untuk diam selama 40 tahun."

Coba kita bayangkan dia lebih memilih diam selama 40 tahun daripada harus melewati orang yang shalat. Ini menunjukkan betapa besarnya ancaman dan hukuman bagi orang yang melewati orang yang sedang shalat.

Bagi anda yang sedang shalat mohon untuk diperhatikan.

Jangan biarkan orang yang lewat di depan anda melintas begitu saja. Tahan dia sehingga dia menghindar dari tempat anda shalat. Karena Rasulullah mewajibkan bagi orang yang sedang melakukan shalat kemudian ada orang yang melewatinya maka dia harus menahannya.

Dari Ibn Ummar r.a Rasulullah bersabda :

"Janganlah kamu shalat kecuali dengan mendekat ke arah sutrah dan jangan kamu biarkan seorang pun lewat di depanmu kalau dia tetap nekad untuk lewat  maka tahan dengan kuat karena dia bersama setan." (HR. Muslim)

Perhatikan dua tugas yang Allah berikan :
1. Hindari melewati di depan orang yang shalat
2. Tahan dia yang melewati ketika anda sedang shalat kecuali dengan adanya sutrah.

Apa itu sutrah? Sutrah adalah pembatas yang diguanakan ketika orang shalat. Penggunaan sutrah diwajibkan bagi anda yang shalat sendirian atau sebagai imam. Shalat dengan menghadap ke sutrah adalah suatu hal yang sangat ditekankan. Boleh menggunakan sutrah sebagai tembok, tongkat, tas atau bahkan orang yang berada di depanmu.

Semoga Bermanfaat.






























0 Response to "Catatan Penting Antara Sutrah dan Setan, Bagi yang Suka Melewati Orang Shalat"

Post a Comment