Tips-Tips Penangkal Sihir dan Menjauhkan Diri dari Setan


Allah mensyariatkan kepada hamba-hamba-Nya perkara-perkara yang dapat melindungi mereka dari gangguan setan dan sihir. Di antara perkara-perkara tersebut adalah :

1. Merealisasikan tauhid yang murni hanya kepada Allah.
Menerapakan atau mengamalkan tiga macam tauhid yaitu Rububiah, Uluhiyah, dan Asma' wa sifat. Jika seorang hamba telah merealisasikan ketiga tauhid ini maka dia akan dapat perlindungan dari segala keburukan atas izin Allah.

2. Ikhlas.
Mewujudkan keihklasan merupakan jalan selamat dari setan menurut pengakuan setan sendiri. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an ketika menceritakan ucapan setan yang artinya :

"Ya Rabb-ku, karena Engkau telah memutuskan aku sesat maka aku pasti akan membuat mereka memandang baik perbuatan maksiat di muka bumi dan pasti aku akan menyesatkan mereka semua kecuali hamba-hamba-Mu yang ikhlas di antara mereka." (QS. Al-Hijr :39-40)

3. Menjaga shalat berjamaah.
Rasulullah bersabda yang artinya :

"Tidaklah terdapat tiga orang di suatu desa atau kampung yang tidak mendirikan shalat berjamaah kecuali setan akan mengalahkan mereka, maka hendaklah kalian berjamaah karena serigala hanya akan memakan kambing yang sendiri." (HR. Abu Daud)

4. Membaca surah Al-Baqarah di rumah.
Rasulullah bersabda yang artinya :

"Bacalah surah Al-Baqarah di rumah-rumah kalian karena setan tidak akan memasuki rumah yang didalamnya dibacakan surah Al-Baqarah." (HR. Hakim)

Dalam hadits lain,

"Janganlah kalian menjadikan rumah kalian seperti kuburan, karena sesungguhnya rumah yang dibacakan surah Al-Baqarah tidak akan dimasuki oleh setan." (HR. Muslim, Tarmidzi dan Ahmad)

5. Memakan tujuh kurma ajwah (kurma nabi) di pagi hari.
Rasulullah bersabda yang artinya,

"Barang siapa di pagi hari memakan tujuh buah kurma ajwah maka dia tidak akan terkena racun dan sihir." (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Berdoa dan berlindung kepada Allah dari kejahatan tukang sihir.
Allah berfirman yang artinya,

"Dan aku berindung dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul." (QS. Al-Falaq:4)

7. Memperbanyak zikir kepada Allah.
Di antaranya adalah dengan membaca zikir ini sebanyak 10 kali.


"Barang siapa yang mengamalkannya maka akan ditulis baginya sepuluh kebaikan dihapus darinya sepuluh keburukan, dan diangkat untuknya sepuluh derajat. Pada hari itu dia dilindungi dari segala yang tidak baik serta mendapat penjagaan dari gangguan setan." (HR. Tarmidzi)

8. Membaca doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah.
Misalnya membaca doa masuk dan keluar rumah, doa di waktu pagi dan petang, dan doa ketika makan dan minum serta doa ketika melakukan hubungan suami istri.

9. Berpegang teguh kepada Al-Qur'an dan Sunnah.
Allah berfirman yang artinya,

"Dan bahwa yang kami perintahkan ini adalah jalan-Ku yang lurus maka ikutilah dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan yang lain, karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya yang demikian itu diperintahkan atasmu agar kamu bertaqwa." (QS. Al-An'am :153)

Ibnu Jauzi r.a menuliskan dalam kitabnya Talbis Iblis.

"Seorang laki-laki yang telah berbicara dengan jin bercerita kepadaku bahwa jin itu berkata : Tidak ada sesuatu yang paling berat bagi kami (setan) selain orang yang mengikuti Sunnah. Adapun terhadap pengikut hawa nafsu kami amat mudah mempermainkan mereka." (Talbis Iblis hal. 39)

10. Ruqiyah.
Membaca Al-Qur'an dan doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah kepada orang yang terkena sihir dengan niat yang ikhlas penuh harap kepada Allah.

Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Tips-Tips Penangkal Sihir dan Menjauhkan Diri dari Setan"

Post a Comment