Amalan-Amalan Khusus di Bulan Sya'ban


Alhamdulillah kita sudah berada di bulan sya'ban. Bulan di mana Rasulullah sangat banyak berpuasa di dalamnya dan ini sebagai latihan. Rasulullah pernah mengatakan di bulan ini manusia banyak yang lalai dari padanya. Kenapa Rasulullah banyak berpuasa di bulan ini? Karena di bulan ini diangkatnya semua amalan-malan manusia kepada Allah dan Rasulullah senang karena amalannya diangkat ketika beliau dalam keadaan berpuasa.

Dalam sebuah riwayat, dahulu orang-orang islam dan para sahabat apabila tiba bulan sya'ban mereka menuju ke mushab-mushab mereka (Al-Qur'an) dan mereka membacanya, dan mereka mengeluarkan zakat.

Lalu apakah amalan yang baik kita lakukan pada bulan Sya'ban ini? Yuk kita bahas di bawah ini.

Perbanyaklah berpuasa di bulan sya'ban.

Kalau mau meraih kebaikan cukuplah dengan berpuasa Sunnah di bulan ini. Aisyah r.a berkata :

"Aku sama sekali tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan sya'ban." (HR Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)

Jika anda berhutang berpuasa maka lunasilah di bulan ini.

Bagi yang mempunyai hutang berpuasa pada bulan Ramadhan dahulu maka hendaklah dilunasi karena bulan Sya'ban adalah bulan terakhir sebelum bulan Ramadhan.

Dari Abu Salamah, beliau mengatakan bahwa beliau pernah mendengar Aisyah r.a berkata :

"Aku masih memiliki hutang puasa Ramadhan, Aku tidaklah mampu mengqodhonya kecuali di bulan sya'ban." (HR. Bukhari no. 1950 dan Muslim no. 1146)

Perbanyaklah membaca Al-Qur'an.

Salam bin Kahlil berkata,

وَكَانَ عَمْرٌو بْنِ قَيْسٍ إِذَا دَخَلَ شَهْرُ شَعْبَانَ أَغْلَقَ حَانَوَتَهُ وَتَفْرُغُ لِقِرَاءَةِ القُرْآنِ

"Dahulu bulan Sya'ban disebut bulan membaca Al-Qur'an."

Abu Bakr Al Balkhi berkata,

شَهْرُ رَجَبٍ شَهْرُ الزَّرْعِ ، وَشَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ سَقْيِ الزَّرْعِ ، وَشَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرُ حِصَادِ الزَّرْعِ

"Bulan Rajab saatnya menanam, Bulan Sya'ban saatnya menyiram tanaman dan Bulan Ramadhan saatnya menuai hasil." (Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab 92748)

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Amalan-Amalan Khusus di Bulan Sya'ban"

Post a Comment